4 Tips Cara Menerapkan Frugal Living


Frugal living adalah konsep hidup hemat di mana seseorang sadar akan kondisi keuangannya dengan cara fokus terhadap prioritasnya. Dampak pandemi covid-19 kemarin, harga BBM diikuti harga lain yang naik, menjadikan gaya hidup frugal living cocok diterapkan di kondisi saat ini. Bagaimana cara menerapkan frugal living yang tepat?


Mencatat Prioritas Pengeluaran.

Hal ini bertujuan agar Anda tidak mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting. Dalam menjalani frugal living, Anda juga harus memberi batasan antara keinginan dan kebutuhan sehingga uang yang dikeluarkan dapat dikelola dengan baik.


Tidak Mengikuti Tren.

Sebagai frugal, Anda harus mengesampingkan tren yang tengah terjadi. Perlu diingat bahwa tren tidak akan ada habisnya. Tren akan selalu bermunculan silih berganti.


Menabung & Investasi.

Frugal cenderung berpikir untuk jangka panjang dalam mengelola pendapatan dan pegeluaran mereka. Dibandingkan membeli self-reward barang impuls setiap kali setelah gajian, frugal cenderung menabung dan menginventasikan uang tersebut sehingga memberikan proteksi keuangan yang aman di masa depan. Dengan cara ini, frugal pun dapat mencapai financial freedom.


Membandingkan Produk sebelum Membeli.

Frugal selalu melakukan reseach produk yang diinginkan sebelum membelinya. Misal saat memilih suatu furniture, frugal akan menginventasikan uangnya untuk furniture yang memiliki ketahanan lebih (awet) dan lebih berkualitas untuk pemakaian jangka panjang. Hal ini agar Anda tidak perlu menghabiskan uang secara berkala hanya karena furniture rumah cepat rusak.

9 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua