top of page

Perkembangan Meja IBM di Indonesia


Meja IBM telah menjadi solusi yang populer untuk kebutuhan ruang rapat yang fleksibel di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan untuk meja IBM di Indonesia terus meningkat. Banyak perusahaan, institusi pendidikan, hotel, dan ruang konferensi menyadari keuntungan dari penggunaan meja IBM.


Seiring berkembangnya industri, perubahan gaya interior, dan tuntutan dari konsumen, meja IBM telah mengalami beberapa perubahan yang lebih baik dari beberapa tahun yang lalu. Berikut beberapa perubahan dan perkembangan meja IBM yang terjadi di Indonesia.


KETEBALAN TOP MEJA DAN RANGKA

Pada awalnya, meja IBM memiliki top yang tebal dan pipa rangka cukup besar. Tujuan dari desain ini adalah agar meja tetap kokoh dan dapat digunakan dalam jangka panjang. Namun, konsekuensi dari hal ini adalah meja IBM menjadi sangat berat dan cukup sulit untuk dipindahkan, yang berarti fungsi utama sebagai meja yang mudah dipindahkan tidak dapat terpenuhi dengan baik.


Mengambil pelajaran dari pengalaman tersebut, kini banyak meja IBM yang memiliki top lebih tipis dan dimensi pipa rangka lebih kecil. Perubahan ini dilakukan dengan tujuan utama, yaitu memastikan mobilitas meja IBM dapat tercapai dengan mudah. Melalui perhitungan dan desain konstruksi yang cermat, kekuatan meja dapat tetap terjaga dan dapat digunakan dalam jangka panjang.


Perubahan ini menghasilkan meja IBM yang lebih ringan dan mudah dipindahkan tanpa mengorbankan kekokohan dan kegunaannya. Meskipun top meja lebih tipis, material yang digunakan tetap berkualitas tinggi dan mampu menahan beban dengan baik. Rangka yang lebih kecil juga tidak mengurangi stabilitas meja, karena desainnya telah ditingkatkan secara keseluruhan.


FINISHING RANGKA

Pada awalnya finishing rangka pada meja IBM bukanlah hal yang menjadi prioritas utama, mengingat meja biasanya tertutup kain saat digunakan. Namun perubahan gaya desain interior modern kini menuju arah minimalis, mengakibatkan penggunaan kain sebagai penutup pada meja IBM tidak digunakan lagi. Sebagai gantinya, penutup depan meja IBM kini menggunakan HPL atau plat besi.


Kondisi ini mendorong produsen untuk lebih memperhatikan kualitas finishing rangka meja IBM. Terutama karena rangka meja IBM sering terbentur atau tergesek saat meja dilipat, disusun, atau dipindahkan, maka diperlukan penyelesaian yang kuat untuk memastikan ketahanan yang cukup.


Finishing powder coating dirasa mampu menjawab tantangan ini, karena powder coating memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap goresan, aus, dan korosi.


Powder coating adalah cat berdasar serbuk yang dipanaskan untuk menyatukan serbuk menjadi lapisan padat yang kuat dan tahan lama. Hal ini yang membedakan dengan cat lain berbasis air, yang cukup mudah tergores dan tidak tahan terhadap korosi atau karat.


TOP TABLE MEJA BUNDAR

Meja bundar IBM memiliki dimensi yang lebih besar dari pada meja IBM persegi panjang, dan bobot produk secara keseluruhan merupakan tantangan terbesar bagi produsen. Oleh karena itu, pada awalnya meja bundar memiliki top table yang terpisah dari rangka meja agar lebih ringan dan mudah dipindahkan.


Terdapat resiko pada penggunaan top table seperti ini, di mana permukaan meja dapat lepas atau jatuh saat digunakan, terutama jika meja tersebut mendapat beban berat di salah satu sisi. Meskipun biasanya diberi pemberat di tengah meja, penggunaan top table seperti ini tetap tidak terlalu aman.


Saat ini meja bundar telah di desain dengan rangka yang lebih kecil dan top table yang lebih tipis, selain itu top table dibuat menyatu dengan rangka meja. Hal ini membuat penggunaan meja bundar menjadi lebih aman. Untuk memudahkan instalasi dan mobilitas meja bundar, beberapa produsen juga menyediakan troli khusus untuk meja bundar.


Engsel Meja

Untuk mengurangi biaya produksi, meja IBM sebelumnya menggunakan engsel sederhana yang hanya terdiri dari per atau pegas kecil. Karena konstruksi yang sederhana, penggunaan engsel semacam ini menyebabkan adanya risiko engsel tidak selalu membuka secara maksimal saat digunakan. Akibatnya, meja cenderung terlipat secara tidak sengaja saat digunakan.


Untuk mengatasi masalah ini, engsel yang digunakan pada meja IBM sekarang dilengkapi dengan pegas ganda, yang memiliki ukuran dan ketebalan kawat yang lebih besar. Dengan perubahan ini, masalah yang dijelaskan sebelumnya dapat diatasi dengan efektif. Meja IBM dengan pegas ganda ini tidak lagi mengalami masalah ketika dibuka dan tidak rawan terlipat secara tidak sengaja saat digunakan.


Brand Impor

Pada awalnya, meja IBM yang tersedia di pasar Indonesia hanya berasal dari merek luar negeri yang hanya memiliki kantor atau gudang penyimpanan di Indonesia.


Hal ini menyebabkan proses pemesanan memakan waktu yang cukup lama, karena selain waktu produksi, waktu pengiriman dari luar negeri juga harus diperhitungkan. Selain itu, layanan purna jual juga sering kali tidak dapat memberikan kepuasan maksimal kepada konsumen, karena ketersediaan suku cadang yang tidak selalu terjamin di gudang penyimpanan Indonesia.


Namun, perkembangan terkini menunjukkan bahwa sejumlah merek sudah mulai mendirikan fasilitas produksi di Indonesia. Bahkan, beberapa produsen lokal juga turut bersaing dengan mendirikan pabrik atau tempat produksi yang tidak kalah dalam hal kualitas produk. Hal ini membawa dampak positif bagi pasar meja IBM di Indonesia.


Keberadaan tempat produksi di dalam negeri memberikan manfaat signifikan bagi konsumen. Waktu pemesanan menjadi lebih efisien karena tidak perlu menunggu lama untuk proses impor, dan waktu pengiriman juga menjadi lebih singkat. Selain itu, layanan purna jual dapat ditingkatkan karena ketersediaan suku cadang yang lebih baik di gudang penyimpanan domestik.




49 tampilan

Commentaires


bottom of page