top of page

Meja Sekolah Sebagai Investasi Utama di Lembaga Pendidikan

meja belajar sekolah

Meja sekolah dirancang khusus untuk mendukung proses pembelajaran selama berada di dalam kelas. Meja sekolah umumnya terbuat dari bahan yang kokoh dan tahan lama, serta memiliki desain ergonomis agar sesuai dengan kebutuhan siswa dalam mengikuti pelajaran.

 

Dengan fungsinya yang cukup penting, meja belajar sekolah telah menjadi salah satu penentu dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang optimal bagi siswa dalam kelas.

Pemilihan Meja Sekolah yang Tepat

Sekolah dan institusi pendidikan sekarang memahami pentingnya memilih furnitur sekolah yang sesuai untuk meningkatkan kenyamanan dan produktivitas siswa.

 

Berikut adalah beberapa panduan singkat untuk menilai meja sekolah yang baik sebagai investasi yang tepat:

tinggi meja belajar sekolah ideal

1. Ketinggian Meja Sekolah

Setiap tahap pembelajaran memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, pemilihan meja sekolah perlu disesuaikan dengan usia dan tahap perkembangan siswa.

 

Ini adalah faktor terpenting untuk dipertimbangkan saat memilih meja belajar untuk tujuan akademis. Tinggi meja tentunya harus sesuai dengan tinggi tubuh rata-rata dalam suatu tingkat kelas.

2. Luas Meja Sekolah

Ukuran meja sekolah yang ideal sangat mempengaruhi kenyamanan dan produktivitas siswa selama proses belajar. Sebagai standar umum, meja belajar dalam kelas memiliki ukuran lebar 40-50cm dan panjang 60-70cm.

 

Namun dalam praktiknya, banyak pengguna dan institusi pendidikan yang menggunakan ukuran 40cm x 60cm karena dianggap cukup untuk kebutuhan siswa.

Salah satu alasan utama penggunaan meja berukuran 40cm x 60cm adalah untuk mengoptimalkan ruang dalam kelas. Dengan ukuran ini, lebih banyak meja dan kursi dapat disusun dalam ruangan yang terbatas, memungkinkan sekolah untuk menampung lebih banyak siswa dalam satu kelas.

lebar meja belajar sekolah ideal
bahan kayu meja belajar sekolah

3. Pemilihan Bahan Meja Sekolah

Pemilihan bahan yang nyaman dan tahan lama pada meja sekolah dapat berkontribusi pada kenyamanan siswa selama waktu belajar. Untuk finishing, sebaiknya pilih meja sekolah yang menggunakan powder coating, agar cat meja lebih tahan terhadap karat dan goresan.

Sedang untuk permukaan meja, pilih multiplek untuk ketahanan lebih baik terhadap air atau kelembaban ruangan dibanding MDF, atau particle board. Tambahkan lapisan HPL untuk menambah kekuatan dan daya tahan meja.

4. Kelengkapan Fitur Meja Sekolah

Tidak hanya kekuatan dan ketahanan yang harus diperhatikan dalam memilih meja sekolah, tetapi juga fitur penting lainnya yang dapat memberikan dampak signifikan bagi para siswa. Untuk itu pilihan terakhir tentu dijatuhkan kepada produk furniture sekolah dengan model dan segala fitur yang ditawarkan.

 

Fitur meja sekolah yang dimaksud disini misalnya seperti ketersediaan laci, gantungan tas, desain ergonomis, pengatur ketinggian meja, dan banyak lagi lainnya.

fitur meja belajar sekolah

Material yang Sering Digunakan untuk Meja Sekolah

Pemilihan material meja sekolah sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan produktivitas siswa. Tiga bahan umum yang sering digunakan untuk membuat meja belajar sekolah adalah kayu, fiber, dan besi.

 

Pilihan antara kedua bahan ini dapat bergantung pada preferensi desain, anggaran, dan kebutuhan pemakaian meja dan kursi tersebut. Namun, mana yang lebih baik di antara ketiganya?

meja belajar sekolah kayu

1. Meja Sekolah Kayu

Meja sekolah kayu memiliki kelemahan seperti mudah cuil saat terbentur sudut meja. Meja belajar kayu rentan terlepas pada sambungan rangka yang menggunakan paku, menyebabkan tampilan kurang menarik dan ketidaknyamanan bagi siswa.

Selain itu, serat pada permukaan meja belajar kayu membuatnya mudah menyerap cairan dan kotoran, meninggalkan noda dan menciptakan lingkungan lembab. Perbaikan meja kayu yang rusak pada bagian tertentu sulit dilakukan dengan benar dan profesional.

Alasan utama meja sekolah kayu mulai ditinggalkan adalah desainnya yang paten dan kaku, tidak memungkinkan penyesuaian dengan identitas sekolah dalam hal desain dan warna.

2. Meja Sekolah Fiber

Bahan fiber memiliki fleksibilitas sangat baik, sehingga memungkinkan untuk dibuat dengan berbagai bentuk desain yang lebih luas. Fiber juga dapat diberikan lapisan warna yang berbeda, atau dapat di cat sesuai dengan kebutuhan institusi pendidikan.

 

Meja sekolah fiber memiliki bobot lebih ringan, sehingga meja sekolah dapat dipindahkan dengan mudah. Namun, bobot yang ringan dan sifat lentur pada bahan fiber ini juga membuat meja sekolah menjadi kurang tahan terhadap beban berat atau tekanan yang berulang.

meja belajar sekolah fiber
meja belajar sekolah powder coating multiplek hpl

3. Meja Sekolah Besi

Meja sekolah besi memiliki ketahanan lebih baik dibandingkan dengan kayu maupun fiber. Tidak seperti rangka kayu dan fiber yang dihubungkan dengan paku atau mur, rangka besi disambung menggunakan las sehingga lebih kokoh.

Meja sekolah besi memiliki resiko karat karena kelembaban dan mudah baret saat terbentur, namun hal tersebut dapat diatasi dengan finishing powder coating. Berbeda dengan cat semprot biasa, powder coating dikenal lebih tahan terhadap goresan atau baret kecil, dan mampu menjaga rangka dari karat atau korosi.

Bobot meja sekolah dari besi jauh lebih ringan dibanding dengan meja sekolah kayu, namun masih sedikit lebih berat dari fiber. Meja sekolah biasanya menggunakan pipa besi dengan diameter kecil, namun dengan ketebalan yang cukup untuk menjaga bobot meja sekolah cukup ringan namun tetap kokoh saat digunakan.

Cara Membersihkan dan Perawatan Meja Sekolah Sesuai Material yang Digunakan

Meja sekolah merupakan salah satu investasi besar bagi lembaga pendidikan. Setiap institusi pendidikan menginginkan meja sekolah dapat dipergunakan setiap hari, tahan lama dari kerusakan, serta tetap terlihat prima agar siswa merasa nyaman saat menggunakannya.

Umur pakai meja sekolah memang ditentukan oleh kekuatan konstruksi serta kualitas bahan yang digunakan. Namun dengan merawatnya secara tepat, umur pakai dapat diperpanjang untuk memastikan pemanfaatannya secara maksimal.

1. Rangka dengan Finishing Powder Coating

Metode terbaik untuk membersihkan rangka dengan lapisan finishing powder coating adalah mencucinya secara teratur menggunakan larutan air hangat dan deterjen.

 

Gunakan kain lembut atau spons saat membersihkan, hindari penggunaan sikat bulu alami yang kasar yang dapat merusak permukaan. Setelah proses pembersihan selesai, pastikan untuk mengeringkan rangka dengan lap kering sehingga kursi atau meja sekolah benar-benar dalam keadaan kering.

 

Jika terdapat kotoran yang sulit dihilangkan atau noda yang terlanjur menempel, lebih baik menggunakan compound halus untuk menghilangkan noda tanpa merusak lapisan cat.

 

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan compound ini sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan karena prosesnya dapat mengikis tipis lapisan powder coating pada rangka.

tips membersihkan finishing powder coating
tips merawat multiplek hpl

2. Meja Multiplek dengan Lapisan HPL

Membersihkan permukaan HPL sebenarnya cukup mudah, cukup gunakan kain lap basah yang lembut untuk membersihkan permukaan furnitur.

 

Untuk noda yang sedikit membandel bisa menggunakan sabun, lalu bilas hingga bersih dan lap hingga kering. Hindari menggosok permukaan terlalu keras karena dapat merusak lapisan laminasi HPL dan menggores permukaan.


Untuk menjaga kondisi HPL agar tetap dalam kondisi terbaik, hindari tumpahan cairan pada permukaan HPL terlalu lama. Sesegera mungkin bersihkan cairan tersebut dengan kain lembut yang telah dibasahi dengan air. Bahan HPL memiliki pori-pori kecil sehingga sangat besar kemungkinan noda dapat meresap dan meninggalkan noda jika terlalu lama dibiarkan.

Multimo menyediakan meja sekolah dengan desain ergonomis, bahan berkualitas, dan fitur-fitur tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa. Tidak hanya itu, layanan purna jual Multimo  mencakup ketersediaan suku cadang sebagai bentuk komitmen kami terhadap kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Investasikan meja sekolah yang tepat untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal bagi siswa Anda.

meja-sekolah-classmate.jpg
bottom of page