top of page

Perkembangan Desain Meja Belajar untuk Sekolah


meja belajar siswa sekolah

Meja belajar adalah salah satu perangkat yang sangat penting dalam konteks pendidikan. Melalui meja belajar, siswa dapat menyelesaikan tugas-tugas akademik mereka dengan nyaman dan efisien. Seiring dengan perkembangan zaman, desain meja belajar untuk sekolah telah mengalami beberapa perubahan yang menarik.


Berikut beberapa perubahan desain yang terjadi pada meja belajar sesuai dengan kebutuhan siswa dalam lingkungan belajar yang efektif saat ini.


Rangka Meja

Pada awalnya, kayu merupakan bahan yang dominan digunakan sebagai rangka meja belajar. Namun, saat ini rangka besi dan serat fiber semakin populer dan diminati.


Selain lebih ramah lingkungan, besi dan fiber memiliki bobot yang jauh lebih ringan namun tetap kokoh. Hal ini penting mengingat sekolah modern sering kali mengubah tata letak ruangan sesuai dengan kebutuhan atau tujuan pembelajaran.


Penutup Meja

Banyak institusi atau sekolah saat ini menginginkan penutup depan pada meja belajar mereka. Penutup ini tidak hanya digunakan untuk branding dan penempatan logo, tetapi juga memberikan kenyamanan kepada siswa putri yang mengenakan rok saat duduk di meja.


Kaki Meja

Awalnya, meja belajar di sekolah memiliki desain yang sama dengan meja pada umumnya, yaitu dengan empat kaki di setiap sudutnya. Akibatnya, saat siswa ingin masuk atau keluar dari meja, mereka harus menggeser kursi ke belakang terlebih dahulu.


Saat ini, desain meja telah mengalami sedikit perubahan dengan memajukan tiang kaki lebih ke depan. Perubahan ini bertujuan untuk membuat meja lebih praktis saat digunakan untuk masuk dan keluar.


Bentuk Daun Meja

Pada awalnya, meja belajar didesain berbentuk persegi panjang dengan ukuran 120cm x 60cm dan dapat menampung 2 anak didik. Selanjutnya, dibuat meja dengan ukuran 40cm x 60cm hanya untuk 1 anak didik di setiap meja, sehingga siswa lebih kompetitif dalam pelajaran.


Saat ini, karena kebutuhan atau tujuan pembelajaran yang berbeda di setiap sesi pelajaran, banyak sekolah atau institusi yang memilih untuk menggunakan meja dengan desain trapesium.


Meja trapesium dapat diatur secara terpisah, berpasangan untuk 2 orang, maupun berjajar 6-7 meja hingga membentuk setengah lingkaran untuk kelas diskusi yang lebih efektif.


60 tampilan

Comments


bottom of page