Furnitur Lokal atau Impor?


Saat ini telah banyak merek furnitur lokal dengan kualitas yang setara atau bahkan lebih baik dari produk impor. Cukup banyak arsitek, kontraktor, konsultan, desainer interior, bahkan pemilik usaha mengutamakan untuk memilih merk furnitur Indonesia dalam proyek mereka.


Hal tersebut karena produk lokal kini mendapat perhatian cukup tinggi, mengingat sebetulnya banyak kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan dari pada produk impor. Berikut beberapa keunggulan produk lokal Indonesia yang telah Multimo rangkum.


Cek Kondisi dan Ketersediaan Produk

Membeli produk impor seperti furnitur, berarti pembeli harus siap untuk proses tawar menawar lebih rumit dan lama. Pembeli harus menanyakan via email atau telepon dimana respon mungkin terlalu lama karena perbedaan zona waktu jam kerja.


Untuk memastikan produk sesuai dengan penawaran, pembeli harus berangkat ke luar negeri dimana butuh waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk cek langsung kondisi barang di pabrik.


Membeli produk dalam negeri akan mempermudah proses pengecekan kondisi dan ketersediaan produk secara cepat. Dengan lokasi yang tergolong lebih dekat, proses tawar menawar dan pengecekan barang juga menjadi lebih mudah dilakukan.


Layanan Purna Jual

Membeli produk dalam negeri memudahkan untuk mendapatkan layanan purna jual dengan maksimal. Seperti kemudahan untuk klaim garansi misalnya, permintaan spare part dan instalasi, bahkan repair produk jika diperlukan.


Hal ini akan sulit didapatkan dari produk furnitur impor, karena pusat layanan purna jual mereka berada di luar negeri.


Membantu Perekonomian dalam Negeri

Alasan utama mengapa sebaiknya membeli produk lokal yaitu konstribusi untuk mendukung eksistensi produsen dan pengrajin dalam negeri.


Dengan meningkatnya permintaan pesanan, maka akan meningkat pula tenaga kerja yang terserap, serta meningkatkan pendapatan negara secara keseluruhan.

2 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua