top of page

6 Layout Meja dan Kursi di Ruang Meeting Sesuai Kebutuhan

layout ruang meeting

Penataan meja meeting dalam ruangan akan lebih efektif jika disesuaikan dengan kebutuhan acara yang akan diselenggarakan. Setiap detail perlu diperhatikan, apakah itu untuk rapat kecil, ada atau tidaknya presentasi per individu, terdiri dari berapa kelompok, komunikasi yang diperlukan satu arah atau dua arah, dan sebagainya.


Multimo telah meringkas bagaimana cara mengatur penempatan kursi atau meja sesuai dengan kebutuhan tersebut dalam postingan kali ini.


Bоаrdrооm Style

boardroom style for meeting

Pengaturan dengan boardroom style ini mungkin paling sering dilihat dalam banyak film, di mana para eksekutif atau pemimpin rapat berkumpul di ujung meja untuk memimpin rapat dan membahas hal-hal penting.


Terdiri dari meja IBM persegi panjang atau beberapa meja di tengah, dengan kursi rapat di sekelilingnya. Gaya pengaturan ini sering digunakan untuk rapat yang berfokus pada agenda atau konferensi video.



Gaya ruang rapat ini biasanya dapat menampung hingga 20 orang, tidak banyak memang. Hal ini memungkinkan kedekatan antara peserta meeting satu sama lain, cocok untuk sesi yang lebih pendek yang melibatkan diskusi terbuka. Jika meeting Anda memiliki sesi presentasi yang bergantung pada sekelompok orang yang sedang membicarakan sesuatu, ini mungkin gaya ruang meeting yang layak untuk dipertimbangkan.


Hоllоw Sԛuаrе Style

Hollow square style untuk ruang meeting

Setting ruang meeting ini juga dikenal sebagai "U tertutup", terdiri dari (biasanya) empat meja berbentuk persegi panjang, kotak, atau bentuk multi-desain lainnya yang diletakkan berdekatan satu sama lain.


Gaya ini merupakan pengembangan dari Boardroom Style untuk jumlah peserta yang lebih besar dan pengelompokan peserta jika diperlukan.


Style meja pertemuan dengan rongga tengah memfasilitasi komunikasi dan interaksi antar anggota tim. Ini paling cocok untuk sesi breakout yang berfokus pada beberapa kelompok kecil atau grup. Moderator pusat atau operator meeting dapat dengan bebas berkeliaran di antara meja untuk memberikan saran, memeriksa kemajuan masing-masing tim, dan sebagainya.


U-Shape Style

u shaped layout untuk ruang meeting

Sesuai dengan namanya, ruang meeting berbentuk U terdiri dari serangkaian meja IBM berbentuk persegi panjang yang ditempatkan ujung ke ujung untuk membentuk bagian "U" dengan kursi diletakkan di sisi luar.



Sedikit berbeda dengan gaya Hollow Square, pada U-Shape Style tersedia ruang kosong di tengahnya, memungkinkan seseorang dapat bergerak bebas di tengah ruangan untuk memfasilitasi diskusi atau mempresentasikan konsep kepada kelompok.


Style ini cocok untuk presentasi, konferensi video, dan sesi pelatihan. Setiap kelompok memiliki meja di depannya yang membuat pengaturan tempat duduk ini bagus untuk mencatat. Jenis layout ruangan ini juga memfasilitasi percakapan antara operator dan peserta meeting, serta di antara anggota meeting. Style ini dapat menampung hingga 25 orang dengan nyaman.


Style ruang konferensi yang cukup serbaguna ini dapat bekerja dengan baik untuk presentasi yang lebih intim di mana beberapa orang yang akan presentasi bergiliran memasuki ruang tengah. Pada saat yang sama, peserta bebas untuk membuat catatan dan berinteraksi satu sama lain.


Auditorium Stуlе

auditorium style untuk ballroom

Ini adalah layout ruang meeting yang Anda pikirkan ketika membayangkan sebuah ruang meeting klasik. Sebagian besar pembicaraan berlangsung di ruang konferensi bergaya auditorium (alias "gaya teater").


Sama seperti teater, ada panggung atau tempat sentral untuk pembicara, dengan kursi susun penonton ditempatkan dalam barisan lurus atau setengah lingkaran menghadap ke panggung. Gaya auditorium ini cocok untuk berbagi pengetahuan satu arah atau presentasi audio visual.


Ruang konferensi bergaya auditorium berfungsi paling baik ketika Anda perlu menampung banyak orang, tanpa mereka perlu mencatat atau berinteraksi satu sama lain. Gaya ini dibuat untuk sesi yang ditujukan untuk pembelajaran pasif, di mana kebutuhan akan interaksi dua arah minimal. Sebagian besar konferensi mungkin akan berlangsung di ruang pertemuan bergaya auditorium, di mana pembicara mempresentasikan topik mereka dan menjawab pertanyaan dari audiens.


Classroom Style

classroom style untuk ruang meeting

Seperti saat masa sekolah dulu, Anda pasti tahu yang satu ini. Ruang pertemuan bergaya ruang kelas menggabungkan elemen dari beberapa jenis ruang meeting lainnya. Peserta masih duduk dalam barisan dan menghadap satu pembicara utama, tetapi mereka sekarang memiliki meja rapat di depan mereka untuk memungkinkan pencatatan dan tugas lainnya.


Jika pembicara dalam meeting ini menekankan partisipasi audiens selama presentasi mereka, ini mungkin gaya ruang rapat yang cocok. Misalnya, pembicara mungkin ingin sesekali meminta orang untuk mendiskusikan aspek-aspek tertentu dari pembicaraan dengan tetangga mereka atau melakukan tugas-tugas kecil menggunakan alat peraga yang diletakkan di atas meja di depan mereka.


Banquet Style

banquet style untuk ruang perjamuan

Ketika mendengar kata "banquet", kemungkinan besar Anda sudah memiliki visual yang tepat di pikiran Anda. Gaya ruang meeting ini dibangun di sekitar banyak meja bundar yang ditempatkan di ruang terbuka yang besar. Tergantung pada tujuan ruangan, meja-meja ini akan memiliki tempat berdiri atau hingga 8 kursi banquet yang ditempatkan di sekelilingnya.


Jenis ruang meeting ini cocok untuk menyajikan makan siang atau minuman lainnya selama istirahat dalam program Anda. Gaya ruang pertemuan ini juga bagus untuk sesi jaringan di mana orang-orang berbaur dalam kelompok-kelompok kecil di sekitar meja yang berbeda dan bergerak bebas di antara keduanya.



Kesimpulan Layout Meja Meeting

Dalam menyesuaikan kebutuhan beragam layout ruang meeting, pemilihan meja IBM yang tepat sangat krusial. Dengan mengenali berbagai macam gaya ruang pertemuan yang ada, Multimo hadir dengan rangkaian meja IBM terbaik untuk memenuhi setiap kebutuhan acara.


Dari Bоаrdrооm style yang memberikan atmosfer diskusi terbuka hingga Classroom style yang mendukung interaksi antar kelompok kecil, setiap produk meja IBM dari Multimo dirancang untuk memberikan fleksibilitas tanpa mengorbankan kenyamanan. Untuk suasana auditorium yang klasik, Multimo menawarkan solusi kursi stainless yang memberikan fokus untuk pembicaraan satu arah. Terakhir, untuk kebutuhan Banquet Style Multimo menawarkan meja bundar Fortune untuk kesempurnaan sesi perjamuan dalam program acara Anda. Dengan kualitas dan desain terdepan, meja IBM dari Multimo adalah pilihan terbaik untuk memastikan kesuksesan setiap pertemuan.

layout ruang meeting


31.121 tampilan
bottom of page