top of page

Material yang Cocok Digunakan untuk Furnitur Outdoor


Dalam memilih kebutuhan furnitur outdoor bisa menjadi sesuatu yang "tricky". Furnitur outdoor haruslah tahan terhadap perubahan cuaca seperti air hujan, terik matahari, atau kondisi lingkungan luar lainnya. Berikut Multimo berikan beberapa material yang dirasa cukup sesuai untuk digunakan sebagai furnitur outdoor.

Kayu Jati

Dari semua pilihan jenis kayu yang digunakan untuk kebutuhan furnitur, kayu jati merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai furnitur outdoor.


Kayu jati memiliki kemampuan alami untuk tahan di segala cuaca, karena sifatnya yang memiliki kandungan minyak dan resin alami tinggi. Hal inilah yang membuat kayu jati lebih tahan terhadap serangan serangga dan tidak menyerap air seperti jenis kayu lainnya.

Plastik/Resin

Sifatnya yang mudah dirawat, ringan, dan tahan lama di segala cuaca. Furnitur outdoor yang menggunakan resin atau plastik biasanya ditenun dengan gaya anyaman untuk tampilan outdoor klasik.


Anyaman plastik/resin berbeda dengan anyaman rotan alami, yang memudar saat terkena sinar matahari dan biasanya diletakkan di dalam ruangan.

Semen

Memiliki daya tahan dan kekuatan, semen sangat fleksibel untuk dibentuk dengan banyak desain. Meski begitu, semen pada dasarnya sangat berat, dan rentan terhadap perwarnaan.


Selain itu semen dapat keropos karena cairan dapat meresap ke permukaan, dan membawa noda ke dalam beton itu sendiri. Terutama jika cairan asam seperti cuka dan jus lemon dapat melarutkan pasta semen.

Stainless Steel

Memiliki bobot yang cukup ringan dan memiliki daya tahan baik untuk furnitur outdoor. Meja atau kursi stainless steel memiliki karakteristik lebih tahan karat dibanding bahan metal lainnya.


Tidak seperti bahan kayu yang mudah lapuk terkena air, cat dapat mengelupas, perawatan untuk furnitur stainless steel lebih mudah dan praktis.


Namun furnitur stainless bersifat konduktor, dimana dapat menyerap suhu udara sekitar. Jika keadaan suhu dingin saat malam, maka stainless juga akan terasa dingin. Sebaliknya jika saat siang hari terpapar langsung oleh sinar matahari, stainless akan terasa panas saat digunakan. Untuk mengatasi hal ini, dapat meletakkan bantal untuk dudukan dan sandaran kursi, dan taplak kain pada permukaan meja.



40 tampilan
bottom of page