top of page

Panggung Rigging atau Panggung Lipat Portable: Apa Bedanya?


Stage atau panggung adalah elemen kunci dalam setiap event atau acara.Baik itu berupa konser musik, pertunjukan teater, konferensi, dan lainnya. Meski berbagai macam desain dan model panggung yang tersedia, Namun dapat dikategorikan menjadi dua jenis dasar panggung, yaitu panggung rigging dan panggung lipat portable.


Sebetulnya panggung rigging dan panggung lipat portable diciptakan untuk kebutuhan dan penggunaan yang berbeda. Panggung rigging ditujukan untuk kebutuhan acara besar, dimana dibutuhkan alat tambahan di panggung seperti pencahayaan, speaker, dan peralatan lainnya. Sedang panggung lipat portable ditujukan untuk kebutuhan sederhana, yang memerlukan waktu pemasangan dan pembongkaran panggung singkat.


Namun dalam postingan kali akan menjelaskan beberapa alasan, mengapa panggung lipat portable lebih cocok untuk acara indoor maupun outdoor dengan skala kecil-sedang.


Instalasi

Panggung lipat portable adalah solusi praktis dalam hal instalasi atau pengaturan. Dengan kemampuannya untuk dibuka dan dilipat kembali dengan cepat, panggung ini sesuai dengan namanya yang portabel. Proses pengaturannya bisa dilakukan dengan mudah oleh hanya 1 atau 2 orang saja, memungkinkan untuk penyelenggaraan acara yang efisien.


Di sisi lain, panggung rigging membutuhkan waktu yang lebih lama dan kompleks dalam prosesnya. Karena memerlukan perakitan dari nol, banyak bagian yang harus dirakit dan dibongkar. Selain itu, proses ini seringkali membutuhkan banyak tenaga kerja karena mobilisasi dan perakitan berbagai komponen yang kompleks pada panggung rigging.


Mobilitas

Panggung lipat portable yang dilengkapi dengan roda memiliki keunggulan dalam mobilitasnya yang memudahkan perpindahannya dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Fitur roda ini memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam mengatur dan memindahkan panggung dengan lebih efisien tanpa perlu disusun ulang setiap kali akan dipindahkan.


Sedang panggung rigging terdiri dari berbagai bagian dan komponen yang masih terpisah, proses pemindahannya memerlukan lebih banyak waktu serta banyak orang untuk merakitnya kembali di tempat tujuan. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan dalam jumlah tenaga kerja yang diperlukan untuk memindahkan panggung ke lokasi yang dituju serta membutuhkan persiapan lebih lanjut sebelum dapat digunakan secara optimal.


Penyimpanan

Panggung portable yang dapat dilipat memiliki keunggulan dalam hal penghematan ruang saat penyimpanan. Dalam keadaan terlipat, panggung portable tidak memakan banyak ruang dan bisa disimpan dengan mudah, bahkan dapat diletakkan di luar ruangan tanpa mengganggu aktivitas atau pekerjaan lainnya.


Di sisi lain, panggung rigging memerlukan ruang yang lebih besar untuk menyimpan berbagai bagian dan komponen yang telah dibongkar. Komponen kecil seperti mur dan baut memerlukan tempat penyimpanan yang aman untuk menghindari risiko kehilangan atau kerusakan.


Luas Panggung

Untuk mengakomodasi kebutuhan akan panggung yang lebih luas, panggung portable dirancang untuk dapat disusun berdampingan dengan mudah hingga mencapai dimensi yang diinginkan. Keunggulan lain dari panggung portable adalah adanya fitur penghubung antar panggung saat disusun berdampingan, untuk memastikan panggung tetap kokoh ketika digunakan.


Berbeda dengan panggung rigging, semakin luas sebuah panggung, maka semakin banyak komponen dan suku cadang yang dibutuhkan. Hal ini menyebabkan proses transportasi dan perakitan panggung rigging memerlukan lebih banyak waktu, agar panggung dapat dipasang dengan optimal saat digunakan.

8 tampilan
bottom of page