top of page

Tips Agar Furnitur Tidak Rusak Saat Ditinggal Liburan


Liburan bersama keluarga adalah momen yang dinantikan untuk bersantai dan melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari. Namun, saat Anda sekeluarga pergi meninggalkan rumah untuk liburan, kekhawatiran tentang perawatan furnitur mungkin dapat mengganggu ketenangan pikiran selama perjalanan. Untuk itu perlu beberapa tindakan yang dapat diambil, agar furnitur tetap terjaga dan tidak rusak saat ditinggal liburan. Berikut beberapa tips diantaranya yang sekiranya dapat meringankan pikiran Anda saat dalam perjalanan selama liburan bersama keluarga:


Bersihkan Furnitur Sebelum Berangkat

Bersihkan seluruh furnitur dalam rumah sebelum Anda pergi berlibur. Gunakanlah alat dan bahan pembersih yang sesuai dengan jenis bahan furnitur yang dimiliki, hindari penggunaan pembersih yang mengandung bahan kimia agresif yang dapat merusak permukaan furnitur tersebut. Dengan melakukan langkah ini, setidaknya Anda dapat memastikan furnitur tetap terawat dan terlindungi selama pergi liburan.


meja dan kursi makan modern minimalis

Lindungi Furnitur dari Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari secara langsung dapat merusak furnitur Anda. Jika memungkinkan, tutuplah jendela atau gunakan tirai untuk mengurangi paparan sinar matahari secara langsung pada furnitur. Geser atau pindah furnitur dari jangkauan sinar matahari jika diperlukan. Hal ini akan membantu mencegah perubahan warna dan kerusakan lain yang disebabkan oleh sinar UV.


Gunakan Cover atau Kain Penutup pada Furnitur

Jika Anda memiliki furnitur yang terbuat dari bahan yang rentan terhadap goresan atau kerusakan ringan, pertimbangkan untuk menggunakan penutup atau perlindungan tambahan. Cover khusus dapat membantu melindungi furnitur dari debu, paparan sinar matahari secara langsung atau risiko kecil lainnya saat tidak ada orang berada di rumah.


Pastikan Sirkulasi Udara dalam Ruangan Cukup

Pastikan ada sirkulasi udara yang cukup di dalam setiap ruangan dalam rumah. Suhu ruangan yang baik akan membantu menjaga kelembaban, dan mencegah kondisi yang memungkinkan pertumbuhan jamur atau kerusakan akibat kelembaban berlebih. Jamur biasanya menyerang furnitur dengan bahan kain atau kulit seperti sofa, kursi makan, dan lainnya. Kini banyak dijual humidifier atau alat untuk menjaga suhu dan kelembaban dalam ruangan, untuk membantu mengurangi potensi serangan jamur pada furnitur dalam rumah saat ditinggal selama liburan.


Liburan seharusnya merupakan momen yang menyenangkan dan tanpa beban stres bagi Anda dan keluarga. Dengan menerapkan saran-saran diatas, setidaknya dapat memastikan furnitur Anda tetap terjaga dengan baik saat pergi berlibur. Hal ini memungkinkan Anda untuk pulang dengan pikiran yang tenteram dan kembali menikmati kenyamanan rumah Anda sepenuhnya.

3 tampilan
bottom of page