top of page

Tips Mengatur Kursi untuk Auditorium


Auditorium adalah sebuah ruangan yang dirancang khusus untuk mengakomodasi banyak orang dalam satu waktu, seperti untuk pertunjukan, seminar, atau presentasi. Oleh karena itu, tata letak kursi dalam auditorium harus diperhatikan agar semua tamu yang hadir dapat menikmati acara dengan nyaman dan aman.


Mengatur kursi untuk Auditorium bisa menjadi tugas yang menantang, terutama jika kita tidak yakin dengan cara terbaik untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa tips mengatur kursi untuk ruang aula:


Pertimbangkan Jumlah Kursi

Pastikan memiliki kursi yang cukup untuk semua peserta, dan beberapa tambahan untuk berjaga-jaga jika ada lebih banyak orang yang datang. Jumlah kursi cadangan ini biasanya 15-20% dari jumlah undangan resmi. Saat ini auditorium diharapkan ramah difabel, untuk itu sediakan juga area kosong untuk undangan yang datang dengan menggunakan kursi roda.

Sediakan Ruang Ruang Kosong untuk Bergerak

Pastikan ada cukup ruang bagi orang untuk berjalan diantara kolom grup kursi tanpa menabrak kursi, atau saling bertabrakan dengan orang lain. Jarak antar kolom ini minimal 100cm agar orang dapat berjalan dengan mudah dalam 2 arah secara bersamaan.


Sisakan juga ruang yang cukup di antara deretan kursi sehingga orang dapat berjalan dengan mudah. Jarak yang ideal antara baris kursi ini adalah 50cm, agar para undangan yang ingin duduk atau keluar dari kolom kursi tidak mengganggu undangan lain yang sedang duduk.



Pemilihan Kursi yang Tepat

Pemakaian kursi pada auditorium tergantung pada jenis ruangan yang digunakan. Auditorium outdoor biasanya memiliki lantai berundak yang terbuat dari semen untuk dijadikan tempat duduk bagi para undangan. Sedang penggunaan lantai berundak pada indoor, biasanya disediakan kursi permanen yang telah melekat pada lantai. Hal ini agar kursi tidak mudah bergeser dan terjatuh saat digunakan.

Sedang untuk auditorium dengan lantai datar, ada 2 pilihan kursi lipat atau kursi susun. Secara pemakaian dan penggunaan mungkin 2 tipe kursi ini hampir tidak ada bedanya.


Namun pemakaian kursi susun akan membuat pengaturan ruangan menjadi lebih praktis, mudah dan cepat. Hal ini dikarenakan kursi susun dapat dibawa dalam jumlah banyak dengan menggunakan troli khusus.


Maksimalkan Fitur Kursi Susun

Beberapa produk kursi susun memiliki fitur pengait antar kursi. Hal ini agar kursi susun lebih rapi dan tidak mudah bergeser saat digunakan, sehingga barisan kursi tampak lebih rapi.

Dengan mengikuti tip berikut, Anda dapat membuat pengaturan tempat duduk yang nyaman dan fungsional untuk acara ruang aula Anda.


202 tampilan
bottom of page