top of page

Meja Belajar Sekolah Kayu atau Besi: Mana yang Lebih Baik?

Meja Belajar Kayu atau Besi

Meja belajar adalah salah satu komponen penting dalam lingkungan belajar sekolah. Oleh Karena itu kualitas meja belajar sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan produktivitas siswa. Dua bahan yang umum digunakan untuk membuat meja belajar sekolah adalah kayu dan besi. Namun, mana yang lebih baik di antara keduanya?


Artikel kali ini akan mempertimbangkan berbagai aspek dari meja belajar kayu dan besi untuk membantu sekolah, yayasan, atau institusei dalam menentukan pilihan yang lebih baik.


Meja Sekolah Kayu atau Besi yang Memiliki Ketahanan Lebih Baik

Meja belajar kayu dikenal karena kekuatan dan daya tahan alaminya, bahkan kayu yang berkualitas baik mampu bertahan selama bertahun-tahun. Kelemahan dari meja belajar kayu mungkin adalah mudah cuil jika sudut kayu terbentur. Selain itu meja belajar kayu rentan terlepas atau rusak pada sambungan rangka yang disatukan dengan paku. Selain membuat tampilan terlihat kurang menarik, penggunaan paku pada meja belajar juga dapat membuat siswa tidak nyaman.


Untuk kekuatan, meja belajar besi memiliki ketahanan lebih baik dibandingkan dengan meja belajar kayu. Tidak seperti rangka kayu yang dihubungkan dengan paku, rangka besi disambung menggunakan las sehingga menjadi lebih kokoh. Mungkin resiko yang sering ditemui pada meja besi adalah karat karena kelembaban, atau mudah baret saat terbentur. Meski sebenarnya resiko karat dan baret pada rangka besi dapat diatasi dengan menggunakan finishing powder coating. Berbeda dengan cat semprot biasa, powder coating dikenal lebih tahan terhadap goresan atau baret kecil, dan mampu menjaga rangka dari karat atau korosi.



berat meja sekolah

Berat dan Mobilitas

Dibandingkan dengan meja yang menggunakan balok kayu solid, meja sekolah besi memiliki bobot lebih ringan karena menggunakan pipa dengan volume lebih ramping. Bobot yang ringan kini menjadi tuntutan sekolah modern yang mengharapkan ruang kelas lebih fleksibel. Sehingga meja menjadi lebih mudah untuk dipindahkan dan diatur ulang penataan mejanya, agar dapat lebih disesuaikan dengan tujuan pembelajaran.


Meski memiliki pipa dengan diameter kecil dan bobot ringan, dengan desain konstruksi yang tepat meja belajar besi masih sangat kokoh untuk digunakan dalam sesi belajar. Terlebih sambungan antar pipa disatukan dengan las permanen.


Perawatan Meja Sekolah Kayu dan Besi

Meja belajar kayu memiliki serat pada setiap permukaannya, ini menyebabkan cairan atau kotoran lainnya dapat mudah terserap dan meninggalkan noda. Meja belajar kayu yang telah rusak pada bagian tertentu juga lebih sulit untuk dilakukan perbaikan secara benar dan profesional.


Sedang meja belajar besi yang dilapisi dengan finishing powder coating dan HPL memiliki permukaan yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap noda. Ini memudahkan pengelolaan kelas yang bersih dan higienis. Masalah atau kerusakan pada suku cadang juga dapat diatasi dengan memperbaiki atau membeli suku cadang sesuai kebutuhan.



meja sekolah custom

Desain dan Kostumisasi

Meja belajar sekolah berbahan kayu cenderung memiliki desain yang paten dan tergolong kaku secara penampilan. Hal ini membuat meja belajar sekolah berbahan kayu tidak dapat dikustomisasi sesuai identitas sekolah, baik untuk pemilihan desain maupun warna yang ingin digunakan.



Di sisi lain, meja belajar sekolah berbahan besi memiliki desain yang modern, dan memiliki kesan lebih bersih dan rapi. Poin tambahan untuk meja belajar sekolah dengan bahan besi adalah pilihan desain yang banyak dan dapat disesuaikan dengan institusi atau sekolah. Seperti warna HPL pada daun meja, penambahan logo di depan penutup meja, warna finishing powder coating pada rangka, dan lainnya.


Kesimpulan

Pergantian meja belajar kayu dengan meja belajar besi yang dilengkapi finishing powder coating dan HPL dapat membawa banyak keuntungan bagi sekolah maupun institusi. Meja belajar sekolah dengan bahan besi terbukti lebih tahan lama, mudah dibersihkan, dan memiliki tampilan yang modern yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan meja belajar sekolah yang lebih fungsional dan berkelanjutan, diharapkan akan menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan meningkatkan kualitas pendidikan.


Baik meja belajar sekolah dari kayu maupun besi memiliki kelebihan masing-masing. Pemilihan antara keduanya tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda mencari meja yang estetis dan tahan lama, meja kayu mungkin menjadi pilihan yang tepat. Kunjungi Multimo untuk menemukan berbagai pilihan meja belajar sekolah berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

produk meja sekolah



153 tampilan

Comments


bottom of page