top of page

Tips Membersihkan dan Merawat Kursi dan Meja Sekolah

merawat meja sekolah dan kursi sekolah

Pentingnya menjaga furnitur sekolah, terutama kursi dan meja belajar dalam kelas tidak dapat diabaikan. Kursi dan meja sekolah merupakan investasi besar bagi lembaga pendidikan. Setiap sekolah menginginkan furnitur ini dapat dipergunakan setiap hari, tahan lama dari kerusakan, serta tetap terlihat prima agar siswa merasa nyaman saat menggunakannya. Umur pakai setiap produk kursi dan meja sekolah ditentukan oleh kekuatan konstruksi serta kualitas bahan yang digunakan. Dengan merawatnya secara tepat, umur pakai dapat diperpanjang untuk memastikan pemanfaatannya secara maksimal. Berikut adalah panduan perawatan yang efektif untuk menjaga setiap produk furnitur sekolah tetap bersih dan terawat dengan baik.


Rangka Finishing Powder Coating

merawat dan membersihkan powder coating

Metode terbaik untuk membersihkan rangka dengan lapisan finishing powder coating adalah dengan mencucinya secara teratur menggunakan larutan air hangat dan deterjen. Gunakan kain lembut atau spons saat membersihkan, hindari penggunaan sikat bulu alami yang kasar yang dapat merusak permukaan. Setelah proses pembersihan selesai, pastikan untuk mengeringkan rangka dengan lap kering sehingga kursi atau meja sekolah benar-benar dalam keadaan kering.


Jika terdapat kotoran yang sulit dihilangkan atau noda yang terlanjur menempel, lebih baik menggunakan compound halus untuk menghilangkan noda tanpa merusak lapisan cat. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan compound ini sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan karena prosesnya dapat mengikis tipis lapisan powder coating pada rangka.



Merawat Multiplek Finishing HPL pada Meja Sekolah

tips merawat multiplek dan HPL

Membersihkan permukaan HPL sebenarnya cukup mudah, cukup gunakan kain lap basah yang lembut untuk membersihkan permukaan furnitur. Untuk noda yang sedikit membandel bisa menggunakan sabun, lalu bilas hingga bersih dan lap hingga kering. Hindari menggosok permukaan terlalu keras karena dapat merusak lapisan laminasi HPL dan menggores permukaan.


Untuk merawat menjaga kondisi HPL pada meja sekolah agar tetap dalam kondisi terbaik, hindari tumpahan cairan pada permukaan HPL terlalu lama. Sesegera mungkin bersihkan cairan tersebut dengan kain lembut yang telah dibasahi dengan air. Bahan HPL memiliki pori-pori kecil sehingga sangat besar kemungkinan noda dapat meresap dan meninggalkan noda jika terlalu lama dibiarkan.



Cover Kursi Berbahan Oscar

tips membersihkan dan merawat kain oscar

Permukaan kain oscar akan cenderung mengumpulkan debu seiring waktu, mengurangi kilauannya. Untuk menjaga kain tetap terlihat bersih, seka secara teratur dengan kain lembut dan kering guna menghilangkan debu dari permukaannya.


Hindari menggunakan bahan kimia keras seperti amonia atau pemutih, karena hal ini dapat merusak kain oscar dan mengakibatkan perubahan warna yang tidak diinginkan. Sebagai alternatif, lebih baik menggunakan larutan sabun lembut atau pembersih khusus yang dirancang untuk kain oscar atau kulit.



Penting untuk segera membersihkan tumpahan atau noda agar tidak meresap pada kain. Lakukan pembersihan noda secara perlahan menggunakan kain bersih, hindari menggosok secara keras yang bisa menyebarkan noda lebih luas. Setelah noda mengering, gunakan kondisioner khusus untuk kain oscar guna menjaga kekenyalan bahan.


Gunakan kondisioner khusus secara teratur untuk menjaga kain oscar tetap lembab dan mencegah warnanya memudar atau menjadi kering. Dengan perawatan yang tepat, kain oscar akan tetap terlihat bagus dan awet dalam jangka panjang.


Sebagai penutup, jelajahi koleksi kursi dan meja sekolah berkualitas tinggi dari Classmate. Dengan berbagai pilihan yang dirancang khusus untuk kenyamanan dan ketahanan, produk Classmate memastikan lingkungan belajar yang optimal bagi siswa. Klik di sini untuk memulai perjalanan Anda menuju lingkungan belajar yang lebih baik.


21 tampilan

Comments


bottom of page