top of page

Tips Memilih Furniture Outdoor dengan Tepat

tips memilih furniture outdoor

Ketika memilih furniture outdoor, terdapat beberapa pertimbangan yang berbeda dari saat memilih furniture indoor. Salah satu pertimbangan utama adalah ketahanan furniture tersebut terhadap kondisi luar ruangan, karena furniture outdoor cenderung lebih rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh faktor lingkungan. Furniture outdoor harus mampu bertahan melawan perubahan cuaca seperti hujan, sinar matahari, dan kondisi lingkungan luar lainnya.


Pertimbangan Saat Memilih Furniture Outdoor

Ketika memilih furniture outdoor seperti taman atau teras, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan agar furnitur tersebut tetap awet dan tahan lama meskipun terpapar cuaca.ikut ini adalah beberapa tips untuk memilih furniture outdoor dengan baik.


Pilih Material yang Tahan Cuaca

furniture outdoor kuat dan tahan cuaca

Salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan adalah material utama dari furniture tersebut. Furniture outdoor harus mampu bertahan terhadap berbagai kondisi cuaca eksternal, seperti paparan sinar matahari, hujan, maupun suhu ekstrem. Pilihlah bahan yang tahan karat seperti stainless steel atau besi dengan finishing powder coating. Alternatif lain bisa menggunakan kayu jati bagi yang menyukai desain alami dan natural, atau plastik untuk harga yang lebih terjangkau dengan segala kekurangannya.


Kenyamanan dan Fungsionalitas

Kekuatan memang jadi faktor utama dalam memilih furniture outdoor, Namun pastikan juga furniture outdoor yang dipilih tetap nyaman digunakan. Pilihlah kursi dengan desain ergonomis untuk menopang tubuh dengan baik agar tetap nyaman, meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, pastikan bahwa furniture tersebut memiliki fungsionalitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda; misalnya, meja dengan ruang penyimpanan tambahan atau kursi dengan bobot ringan agar lebih mudah untuk disimpan atau dipindahkan saat tidak digunakan.


Perawatan dan Pemeliharaan Mudah

merawat furniture outdoor

Pilihlah furniture yang mudah dirawat dan dipelihara. Material yang tidak memerlukan perawatan khusus atau perlakuan tambahan akan menghemat waktu dan tenaga Anda dalam jangka panjang. Pastikan untuk membersihkan secara teratur dan melindungi furniture dari kerusakan dengan mengikuti panduan perawatan yang disediakan oleh produsen.


Desain Furniture Outdoor Sesuai dengan Konsep Eksterior

Pilihlah desain furniture yang sesuai dengan gaya dan estetika ruang outdoor Anda. Apakah Anda menginginkan tampilan yang minimalis dan modern atau lebih tradisional dan klasik? Pastikan untuk memilih furniture yang sesuai dan dapat melengkapi unsur desain eksterior secara keseluruhan di area luar ruangan Anda.


Harga dan Budget

budget membeli furniture outdoor

Tentukan anggaran Anda sebelum membeli furniture outdoor. Meskipun penting untuk memilih furniture berkualitas tinggi yang akan bertahan lama, Anda juga harus mempertimbangkan ketersediaan dana Anda. Bandingkan harga antara berbagai pilihan dan pertimbangkan investasi jangka panjang dalam hal kualitas dan ketahanan.


Pilihan Material untuk Furniture Outdoor

Ketika memilih material untuk furniture outdoor, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor penting seperti daya tahan, perawatan, dan estetika. Di antara berbagai pilihan material yang tersedia, ada beberapa yang standar dan sering dipilih oleh banyak orang.


Kayu Jati: Keindahan Alamiah dan Ketahanan yang Tak Tertandingi

furniture kayu jati

Kayu jati merupakan salah satu pilihan utama untuk furniture outdoor. Selain memiliki keindahan alamiah, kayu jati memiliki kemampuan alami untuk tahan terhadap segala cuaca dan serangan rayap. Ini karena kandungan minyak dan resin alami yang tinggi, membuatnya tahan terhadap serangan serangga dan tidak mudah menyerap air. Meskipun harganya cenderung lebih tinggi, kayu jati sering dipilih oleh mereka yang menghargai keindahan seni klasik dan unik, serta kualitas yang tahan lama.


Plastik atau Resin: Pilihan Ekonomis dengan Kelemahan Perawatan

furniture plastik

Secara kekuatan konstruksi, bahan plastik berada di urutan paling bawah dibanding dengan pilihan bahan lainnya. Namun, kelemahan utamanya adalah warnanya yang cepat memudar saat terkena sinar matahari secara langsung, dan kemungkinan kerusakan akibat paparan cuaca eksternal yang berkepanjangan. Meski begitu, bagi yang memiliki anggaran terbatas, plastik masih menjadi pilihan yang layak untuk furniture outdoor.


Semen atau Beton: Keandalan yang Kokoh Namun Perlu Perencanaan yang Matang

furniture semen dan beton

Furniture outdoor dari semen atau beton memiliki daya tahan dan kekuatan yang luar biasa. Fleksibilitas dalam desain adalah keunggulan utamanya, namun perlu diingat bahwa semen sangat berat dan cenderung permanen. Perawatannya juga memerlukan perhatian khusus, karena semen yang tidak diolah dengan baik dapat menjadi keropos dan rentan terhadap noda akibat penetrasi cairan.


Stainless Steel: Kombinasi Daya Tahan dan Estetika Modern

furniture outdoor stainless steel

Stainless steel adalah pilihan paling populer karena daya tahan terhadap karat dan berbagai kondisi cuaca. Perawatannya relatif mudah dan cocok untuk berbagai konsep desain, baik interior maupun eksterior. Meskipun harga mungkin sedikit lebih tinggi, investasi dalam stainless steel umumnya terbayar dengan kualitas dan keunggulannya untuk pemakaian jangka panjang.



Besi dengan Finishing Powder Coating: Kekuatan dengan Perlindungan Tambahan

furniture outdoor powder coating

Besi dengan lapisan powder coating adalah pilihan alternatif populer sebagai pengganti stainless untuk furniture outdoor. Meskipun seperti diketahui umum bahwa besi rentan terhadap karat, namun finishing powder coating mampu memberikan perlindungan tambahan terhadap serangan karat dan goresan. Ini membuatnya lebih tahan lama dibanding besi dengan lapisan chrome atau lapisan cat semprot, serta meminimalkan perawatan yang diperlukan untuk menjaga kondisi furniture agar tetap maksimal.



Cara Merawat Furniture Outdoor dengan Benar

Meski furniture outdoor memiliki ketahanan lebih baik terhadap kondisi luar ruangan, tetap saja masih memerlukan perawatan dan penanganan tepat untuk umur pemakaian yang panjang. Berikut beberapa tips dan langkah sederhana agar furniture outdoor tetap dapat digunakan dalam jangka waktu lama dan selalu dalam kondisi terbaik.


Pembersihan Rutin atau Berkala

Bersihkan debu dan kotoran secara rutin dengan menyapu atau mengelap menggunakan kain lembab. Untuk noda yang lebih membandel, gunakan sabun ringan dan air hangat untuk membersihkannya. Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama agar tidak meresap dan meninggalkan bekas noda pada furniture outdoor.


Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

hindari sinar matahari secara langsung pada furniture outdoor

Meskipun memilih furniture outdoor dengan material yang teruji ketahanannya terhadap cuaca, bukan berarti bisa menempatkannya bebas dimana saja. Sinar UV dapat merusak dan memudarkan warna furniture dengan bahan kayu, kering dan rapuh pada bahan kayu, dan umur pemakaian pada bahan stainless atau finishing powder coating. Gunakan payung atau atap peneduh untuk melindungi furniture dari paparan langsung sinar matahari. Penggunaan penutup perlindungan khusus juga disarankan jika furniture tidak digunakan untuk waktu yang lama.


Periksa Setiap Bagian dari Furniture Secara Berkala

periksa secara berkala furniture outdoor anda

Meskipun banyak furniture outdoor dibuat dari bahan atau material yang tahan terhadap karat, masih ada produsen yang menggunakan sekrup, baut, atau suku cadang lain yang rentan terhadap korosi. Beberapa produsen mungkin menganggap bahwa bagian-bagian ini akan terlindungi dari paparan langsung, dan oleh karena itu tidak rentan terhadap karat.


Alasan lainnya adalah untuk menekan biaya produksi sehingga produk furniture dapat tetap bersaing dalam hal harga dengan produk-produk merek lainnya. Namun, penggunaan komponen yang rentan terhadap karat dapat mengurangi kualitas dan masa pakai furniture outdoor, yang pada akhirnya bisa mengurangi kepuasan pelanggan. Untuk itu diperlukan untuk memeriksa setiap bagian dari furniture outdoor secara berkala.


Simpan Saat Tidak Digunakan untuk Waktu yang Lama

Menyimpan furniture outdoor saat tidak digunakan untuk waktu yang lama akan dapat mengurangi penggunaan waktu dan tenaga dalam melakukan pembersihan secara berkala, terutama saat berada dalam situasi di mana perjalanan yang panjang diperlukan. Dengan demikian, furiture tidak akan terkena sinar matahari atau hujan, dan terhindar dari setiap debu serta kotoran yang mungkin berasal dari luar ruangan. Hal ini tidak hanya akan mempertahankan kebersihan furniture, tetapi juga akan memperpanjang umur pemakaian dalam jangka panjang.


Furniture Outdoor dari Multimo

Multimo memiliki produk furniture outdoor untuk meningkatkan pengalaman beraktivitas di luar ruangan dengan gaya yang tahan lama. Terbuat dari baja full stainless, Multimo menawarkan kekuatan dan ketahanan yang tidak tertandingi terhadap segala kondisi cuaca.


Produk furniture dengan sistem knock-down untuk proses pengiriman menjadi lebih mudah dan praktis. Terdapat manual book dan peralatan lengkap dalam paket pengiriman untuk merakit produk dengan cepat dan mudah, bahkan oleh pemula sekalipun. Untuk kursi Cordiva, desainnya yang dapat disusun akan menghemat ruang saat penyimpanan. Jadikan setiap momen di luar ruangan lebih berkesan dengan produk pilihan Furniture Outdoor Multimo yang elegan dan fungsional.

furniture outdoor produk pilihan


74 tampilan

Comentários


bottom of page