Memilih Meja Tamu Sesuai dengan Jenis Ruangan


Memilih meja tamu adalah salah satu dekorasi yang paling penting dalam rumah, meja tamu seakan menjadi etalase dalam ruangan. Lagi pula, tanpa meja kopi, di mana kita akan meletakkan minuman favorit, majalah atau koran, remote control, dan mungkin smartphone.


Sebelum memilih meja tamu, sebaiknya perlu dipastikan dulu konsep ruangan yang akan dipakai. Apakah ruang tamu berkonsep minimalis, industrial, klasik, dsb. Untuk menentukan meja dengan konsep modern dan minimalis sudah bukan menjadi hal yang sulit lagi saat ini. Dimana banyak pilihan tersedia dengan berbagai desain dan bentuk di pasaran. Namun ada hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih meja tamu, yaitu besar kecilnya ruang tamu Anda.


Berikut adalah beberapa tips dan ide untuk memilih desain meja tamu yang sesuai dengan ruang tamu Anda!


Meja Tamu untuk Ruang Tamu Berukuran Besar

Ruang tamu dengan ukuran besar justru tidak perlu menggunakan banyak furnitur. Gunakan sedikit furnitur seperti sofa, kursi dan meja tamu yang berukuran besar. Khusus untuk meja tamu, pilih desain meja dengan rangka yang tebal, permukaan meja yang solid baik HPL berwarna gelap atau kaca hitam (tidak tembus pandang). Ini akan menambah volume dalam ruang tamu agar tidak terkesan kosong.


Untuk menambah volume dalam ruang tamu, dapat menggunakan meja tamu dengan kaki meja yang sejajar dengan sisi paling luar permukaan meja. Tetap pastikan jarak antara meja dan sofa/kursi agar akses untuk lewat tetap cukup dan nyaman.


Produk dalam gambar: Meja Tamu Marvel Stainless.

Meja Tamu untuk Ruang Tamu Berukuran Kecil

Gunakan meja tamu dengan permukaan kaca bening untuk ruang tamu dengan ukuran ruangan sempit, hal ini membuat ruang tamu lebih terkesan luas. Hindari meja dengan permukaan kaca hitam (tidak tembus pandang), kayu atau HPL. Permukaan yang solid akan membuat ruangan terasa semakin penuh dan sesak.


Poin utama yang membantu dalam pemilihan meja tamu untuk ruangan kecil adalah rangka meja dengan base/kaki yang berada di tengah meja, hindari kaki meja yang sejajar dengan sisi paling luar permukaan meja. Pilih rangka yang cukup tipis dan tidak terlalu bervolume untuk memenuhi ruang tamu kecil Anda.


Untuk memaksimalkan ruang kosong pada ruang tamu dapat menggunakan permukaan meja berbentuk oval, dengan begitu akan ada tambahan ruang untuk akses pada kaki saat akan keluar masuk antara meja dan kursi/sofa. Selain itu meja oval tanpa sudut termasuk ramah anak kecil, cocok untuk pasangan suami istri dengan kehadiran anak kecil dalam rumah.


Produk dalam gambar: Meja Tamu Ovalia Stainless.

Meja Tamu untuk Ruang Tamu dengan Konsep Industrial

Ruang tamu dengan gaya industrial menonjolkan kesan raw dan natural dalam ruangan, untuk itu gunakan meja dengan karakter serupa. Meja dengan frame besi dilapisi oleh coating hitam akan semakin memperkuat tampilan industrial dalam ruangan. Pilih HPL bermotif kayu untuk melengkapi kesan natural pada permukaan meja.


Tidak ada larangan tentang bentuk furniture yang digunakan dalam ruang tamu berkonsep industrial. Namun sepertinya banyak dari kita sepakat bahwa desain industrial memiliki desain meja dengan garis tegas seperti persegi, persegi panjang, atau segi banyak yang mendekati bentuk lingkaran.


Produk dalam gambar: Meja Tamu Viola.



13 tampilan0 komentar