top of page

Tips Menata Ruang Tamu Sesuai dengan Ukuran Ruangan

tips menata ruang tamu

Ruang tamu berfungsi sebagai pusat perhatian dalam setiap rumah, untuk itu perlu pengaturan dekorasi yang tepat agar mendapatkan tampilan menarik dan kenyamanan bagi penghuni rumah maupun tamu. Saat Anda merencanakan untuk menata ruang tamu, pertimbangkan ukuran ruangan sebagai faktor utama. Langkah pertama yang perlu diambil adalah memahami dimensi ruangan yang tersedia.


Penting untuk memaksimalkan penggunaan ruangan dan mengatur komposisi peletakan furniture. Komposisi yang tidak tepat akan membuat ruangan terasa penuh sesak, atau malah sebaliknya terlalu banyak ruang kosong. Komposisi yang tepat akan menciptakan ruang tamu tampak estetis dan nyaman, menghadirkan keseimbangan yang sempurna antara fungsi dan estetika.


Tips Menata Ruang Tamu Luas

Bermimpi memiliki ruang tamu yang luas seringkali menjadi keinginan banyak orang. Namun, seringkali ruangan yang terlalu luas bisa menjadi tantangan saat melakukan dekorasi. Banyak yang merasa kesulitan untuk mengisi ruang tersebut dengan cara yang menarik tanpa terkesan berlebihan atau terlalu kosong. Berikut sejumlah tips untuk mendekorasi ruang tamu yang luas agar terlihat lebih menarik secara visual tanpa menghilangkan kenyamanan ruangan.


1. Buat Beberapa Area Tempat Duduk

layout furniture ruang tamu

Satu set area duduk seringkali tidak cukup untuk mengisi ruang tamu yang luas. Solusinya adalah menyediakan dua set area duduk. Anggaplah Anda memiliki dua ruang tamu yang sama tanpa sekat dalam satu ruangan.


Untuk sentuhan kreatif, pertimbangkan penggunaan dua area duduk dengan tema yang berbeda dapat memberikan variasi menarik. Gunakan minibar untuk opsi lain menciptakan suasana berbeda untuk mengobrol santai.



2. Penuhi dengan Detail dan Warna

dekorasi dinding ruang tamu

Penggunaan hiasan atau aksesori ruangan dengan kombinasi warna yang tepat dapat mengisi kekosongan dalam ruang tamu yang luas. Langkah ini melibatkan penambahan aksen dengan warna sesuai tema pada hiasan dinding seperti lukisan, pigura foto, atau elemen dekoratif lainnya.


Dalam hal furniture, mengaplikasikan perbedaan warna antara sofa dengan bantal sofa, taplak meja, atau karpet bisa menjadi pilihan yang menarik. Menggunakan motif yang lebih beragam pada karpet dan tirai jendela juga dapat memberikan kesan ruangan lebih terisi.



3. Atur Pencahayaan dalam Ruangan

penggunaan jendela dalam ruang tamu

Untuk memastikan setiap sudut ruang tamu menerima pencahayaan yang merata, penting untuk menata pencahayaan ruangan dengan cermat. Jika ruang tamu Anda memiliki ukuran ruangan yang luas, pertimbangkan menggunakan jendela yang besar dan jumlah yang mencukupi untuk menyinari setiap bagian ruangan hingga ke setiap sudutnya.


Penempatan cahaya yang tepat terutama sepanjang dinding, dapat mempertegas garis, bentuk, dan warna dari setiap objek dalam ruangan. Sehingga furniture, lantai, serta dinding akan memberikan kesan ruangan yang lebih penuh dan bervolume.


4. Letakkan Tempat Duduk Memanjang pada Dinding

sofa panjang untuk ruang tamu luas

Salah satu kesalahan yang sering terjadi dalam penataan ruang tamu, terutama pada ruangan yang luas adalah mengelompokkan semua furniture di tengah ruangan.


Sebagai alternatifnya, Anda bisa menyusun satu sofa panjang atau dua sofa kecil yang diletakkan sepanjang dinding ruang tamu.


Letakkan meja tamu di depan setiap sofa, atau kursi single di setiap sisi jika masih tersedia ruang kosong. Sisi lain ruangan dapat dimanfaatkan untuk menempatkan dekorasi lain seperti tanaman indoor, lemari, buffet TV, atau furniture lainnya.


5. Pilih Furniture yang Solid

meja tamu stainless

Trik terakhir untuk mengisi ruang tamu yang luas adalah dengan memanfaatkan furniture dengan desain solid untuk memenuhi ruangan. Pilihlah sofa dengan kaki rendah, karena kaki tinggi membuat sofa terlihat lebih kecil di ruang yang besar.


Demikian pula dengan pemilihan meja tamu, hindari kaca tembus pandang dan rangka minimalis yang justru akan memperlihatkan banyak area kosong dalam ruangan. Sebaiknya pilih meja tamu dengan dimensi yang lebih masif dan solid. Penggunaan furniture yang berukuran besar dan solid akan membantu mengurangi kesan luas pada ruangan yang besar tersebut.


Meja tamu Marvel dari Multimo memiliki karakteristik yang membuatnya cocok untuk mengisi ruang tamu yang luas. Untuk melihat koleksi meja tamu lainnya dari Multimo, silakan klik link di bawah ini.


Tips Menata Ruang Tamu Kecil atau Sempit

Menata dekorasi dalam ruang tamu dengan ukuran yang tidak terlalu besar bisa menjadi hal yang rumit. Meskipun ukuran ruang tamu kecil, namun jika dilakukan dengan baik akan menjadi lebih nyaman. Namun jika peletakan furniture kurang tepat, ruang tamu akan terasa penuh sesak, dan tampak lebih kecil dari semestinya. Berikut tips untuk menata ruang tamu sempit menggunakan ilusi visual sederhana sebagai berikut.


1. Warna Cerah dan Monokrom

penggunaan warna terang pada ruang tamu

Gunakan warna cerah seperti putih, abu-abu, silver, atau beige. Hal ini berlaku untuk semua komponen dalam ruang tamu seperti furnitur, lantai, dinding, dan lainnya.


Berikan sedikit sentuhan warna kontras pada bantal sofa, aksesoris meja, atau pada tirai jendela agar ruangan tidak terlihat membosankan.


Meski begitu sebaiknya hindari pemakaian warna terlalu berlebihan. Warna dan motif yang terlalu banyak dalam satu ruangan akan membuat ruangan tampak lebih sempit dari seharusnya.


2. Hiasan Cermin Dinding

cermin dinding ruang tamu

Penggunaan cermin pada dinding ruangan akan membuat ruangan tampak lebih terang dan lebih luas, karena sifatnya yang memantulkan cahaya dari jendela maupun lampu dalam ruang tamu.


Semakin terang suatu ruangan, maka semakin terlihat luas pula ruangan tersebut. Hal ini karena ruangan yang sempit biasanya akan sulit mendapatkan cahaya yang cukup, karena keterbatasan penggunaan jendela dalam ruangan, maupun cahaya yang terhadang furniture untuk mencapai setiap area ruangan.


3. Meja Tamu dengan Kaca Bening

meja tamu kaca bening transparan

Terlihat sepele, namun cukup memberi efek cukup besar pada ruangan. Hindari penggunaan meja tamu dengan volume masif dan permukaan HPL atau kaca cermin. Sebaliknya pilih meja tamu dengan permukaan kaca bening atau trasparan.


Hal ini akan membuat meja terlihat lebih kecil dari seharusnya, dan ruangan terlihat lebih luas karena dapat menampilkan ruangan bawah meja dengan lega. Permukaan kaca ini juga akan membuat cahaya dari jendela atau lampu ruangan tersebar secara merata dalam ruangan.



4. Furniture Modern dan Minimalis

Hindari desain furniture seperti sofa dan meja dengan banyak lekukan atau bentuk unik lainnya. Desain furniture modern minimalis dengan bentuk sederhana seperti kotak atau oval akan jauh lebih mudah ditata dalam ruangan kecil. Pastikan ada cukup ruang di antara furniture untuk memudahkan penghuni rumah maupun tamu untuk bergerak bebas dalam ruang tamu.



Multimo memiliki pilihan meja tamu modern minimalis dengan kaca bening seperti Ovalia dan Cubic, dengan karakter yang telah disebutkan agar ruang tamu tampak lebih luas. Lihat koleksi meja tamu Multimo lainnya dengan klik gambar di bawah ini.

pilihan meja tamu

173 tampilan

Comments


bottom of page