top of page

Tips Sederhana Memilih Meja Tamu yang Tepat


Memilih meja tamu untuk ruang keluarga terlihat seperti tugas yang cukup mudah saat pertama kali memikirkannya. Tetapi setelah dipikir lebih lanjut, ada banyak keputusan lain dalam memilih meja tamu yang tepat dari pada yang terlihat. Setiap detail dari tinggi, proporsi, hingga komposisi ruangan menjadi krusial untuk menciptakan suasana yang nyaman dan estetis di rumah Anda.


Jadi, bagaimana cara memilih meja tamu dari awal hingga selesai? Multimo merangkum beberapa ketentuan yang dapat dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli meja tamu yang akan dipilih.


Perhatikan Tinggi Meja

Tingkat kenyamanan meja tamu saat digunakan sangat dipengaruhi oleh ketinggian meja tersebut. Sebuah meja tamu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menciptakan ketidakseimbangan yang merugikan dalam ruangan. Untuk memastikan pengalaman yang nyaman, pilihlah meja tamu yang sejajar dengan tinggi dudukan sofa Anda atau sedikit lebih rendah.


Mengapa begitu penting? Ketinggian yang tepat akan memfasilitasi akses yang mudah tanpa mengorbankan kenyamanan postur tubuh. Dengan standar tinggi sekitar 40-45cm, meja tamu menjadi elemen yang harmonis dan fungsional dalam ruang tamu, menjaga estetika dan kenyamanan yang diinginkan.


Hitung Jarak Meja dengan Sofa dan Kursi

Selain tinggi dan proporsi, perhatikan juga jarak yang tepat antara meja tamu dan elemen lain di ruang keluarga Anda. Biasanya, meja tamu sebaiknya berjarak sekitar 30 hingga 45 cm dari sofa Anda untuk menjaga keseimbangan visual dan memberikan ruang yang cukup untuk pergerakan di sekitar ruangan.


Ciptakan Komposisi yang Tepat

Salah satu aspek penting lainnya adalah keseimbangan antara meja tamu dan perabotan lainnya di ruang keluarga. Pilihlah meja tamu yang sesuai dengan karakteristik furnitur lainnya. Jika sofa Anda memiliki kaki yang tinggi, pertimbangkan untuk memilih meja dengan penampilan yang solid dan kokoh hingga ke lantai. Sebaliknya, jika sofa Anda memiliki desain tanpa kaki yang terlihat, pilihlah meja dengan kaki yang lebih tinggi dan ramping.


Memilih meja tamu yang tepat bukan hanya masalah fungsionalitas, tetapi juga tentang menciptakan harmoni visual di ruang keluarga Anda. Dengan memperhatikan tinggi, proporsi, jarak, dan keselarasan dengan furnitur lain, Anda akan menciptakan ruang yang nyaman dan estetis.

2 tampilan
bottom of page