COWORKING SPACE: Solusi & Tren Bekerja di Masa Depan


Skema kerja jarak jauh digadang akan terus berkelanjutan meski pandemi Covid-19 tidak lagi mewabah. Meskipun banyak orang senang bekerja dari rumah, banyak karyawan yang lebih menikmati lokasi sekunder yang mereka sukai sebagai alternatif tempat kerja. Tren ke depan untuk sektor perkantoran lebih mengarah ke flexible office untuk mengakomodasi kebutuhan perusahaan yang menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home. Berikut Multimo rangkum beberapa keunggulan mengapa coworking space menjadi solusi bagi para karyawan dan pengusaha.


Menyesuaikan Kebutuhan Pengguna

Para pengguna dapat memilih tempat yang dirasa paling sesuai dengan selera mereka, atau dibutuhkan untuk momen tertentu. Karena coworking space dapat menawarkan tempat bekerja, meeting, atau tempat untuk seminar/workshop dengan pilihan dan tema yang beragam. Mulai dari indoor, outdoor, tema perkantoran resmi, casual ala cafe, dan sebagainya.


Untuk layout ruangan juga dapat disesuaikan sesuai kebutuhan, meja meeting lipat atau dengan roda biasanya sudah disediakan oleh coworking space untuk di atur sesuai kebutuhan. Meskipun tak jarang kini coworking space juga memiliki fasilitas restoran atau kafe, sehingga dapat menyediakan ruang perjamuan atau banquet room dengan meja bundar untuk hidangan para undangan.


Hemat Biaya dan Infrastruktur

Tidak perlu memikirkan untuk berlangganan internet untuk pekerjaan harian, coworking biasanya sudah memasukkan wifi sebagai fitur gratis setiap paket sewa ruang atau kantor. Bahkan beberapa menyediakan tambahan fitur seperti telepon, faksimile, proyektor, printer, dan lainnya dengan tambahan sedikit biaya.


Bagi para karyawan yang tidak memiliki ruang kantor yang memadai dirumah, coworking space dapat banyak membantu untuk mendapatkan ruangan dengan kenyamanan lebih agar lebih fokus saat bekerja. Cocok untuk karyawan yang ingin mendapatkan ketenangan yang mungkin tidak mereka dapatkan saat bekerja di rumah, atau ruangan dengan interior yang bagus dan pantas saat digunakan untuk meeting online dengan klien.


Sedang keuntungan yang bisa didapat untuk perusahaan dari penggunaan coworking space ini adalah menghemat biaya operasional dan infrastruktur. Pemilik usaha tidak perlu membeli atau bahkan membangun baru kantor untuk perusahaan yang akan didirikan.


Coworking space juga lebih hemat dan fleksibel dalam pemakaian sewa, dimana pemilik usaha dapat menyewa bulanan sesuai perkiraan lama projek yang sedang dikerjakan, atau bahkan harian untuk momen-momen tertentu saja.







4 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua