top of page

Ketinggian Ideal pada Meja dan Kursi untuk Ruang Makan


Memilih ketinggian yang tepat untuk meja dan kursi makan sangat penting, baik untuk kenyamanan maupun tampilan ruang makan. Meja makan yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa membuat makan tidak nyaman, sedangkan kursi yang terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa membuat makan dan bercakap-cakap dengan orang lain di meja menjadi sulit.


Artikel kali ini akan membahas ketinggian ideal untuk meja dan kursi makan, serta cara menentukan ketinggian yang tepat untuk ruangan Anda.

Tinggi Meja Makan

Ketinggian meja makan yang ideal tergantung pada ketinggian orang yang menggunakannya, serta desain meja. Sebagian besar meja makan standar memiliki tinggi antara 73-76 cm, yang merupakan ketinggian yang nyaman bagi orang Indonesia.


Tinggi Kursi Makan

Kursi makan idealnya memiliki ketinggian dudukan antara 45-48 cm, yang merupakan ketinggian yang nyaman bagi kebanyakan orang. Namun, jika meja makan Anda lebih tinggi atau lebih rendah dari standar, Anda mungkin perlu menyesuaikan ketinggian kursi Anda.

Jarak Antara Dudukan Kursi dan Meja Makan

Untuk kenyamanan ideal, perlu pengukuran yang tepat antara tinggi dudukan kursi dengan tinggi meja. Jarak minimum yang realistis antara dudukan kursi dengan bagian atas meja, adalah sekitar 24 cm, dengan maksimum sekitar 30 cm. Idealnya sekitar 27 cm.


Pertimbangkan juga berapa banyak ruang yang dimiliki untuk ruang gerak kaki di bawah meja. Celah minimum harus tidak kurang dari 12 cm. Itu adalah ukuran minimum, dan seharusnya meja makan dengan desain standar masih menyisakan ruang lebih banyak dari pada itu.


Kesimpulan

Memilih ketinggian yang tepat untuk meja dan kursi makan Anda penting untuk kenyamanan dan estetika. Dengan mengikuti pedoman ini, kami harap Anda dapat memastikan bahwa ruang makan Anda nyaman dan fungsional untuk semua orang yang menggunakannya.


322 tampilan0 komentar
bottom of page