top of page

Meeting Online atau Meeting Offline?

meeting online atau meeting offline

Dalam beberapa waktu terakhir setelah pandemi telah usai, muncul perdebatan cukup menarik mengenai apakah meeting tatap muka (offline) lebih baik daripada meeting online. Untuk merespons hal ini, Multimo telah merinci perbedaan keunggulan dari kedua jenis meeting online atau meeting offline untuk Multilovers.


Meeting Online

meeting online

Salah satu keunggulan utama dari meeting online adalah fleksibilitas lokasi. Para peserta tidak perlu repot mengatur jadwal yang cukup berdekatan.


Hal ini karena meeting online tidak terlalu memerlukan banyak persiapan dan waktu untuk perjalanan. Selama syarat seperti ketersediaan internet, laptop dan tempat yang tenang dan nyaman, meeting online dapat diadakan di mana saja, baik di rumah, di kafe, atau tempat lainnya.



Karena meeting online dapat dilakukan di rumah, tentunya ada penghematan biaya yang signifikan. Penyelenggara tidak perlu memikirkan biaya sewa ruang pertemuan atau peralatan tambahan seperti kursi dan meja IBM, proyektor, dan sebagainya. Waktu yang dihemat oleh penyelenggara juga menjadi nilai tambah, karena persiapan seperti menyiapkan ruang meeting tidak diperlukan. Selain itu, peserta meeting tidak perlu menghabiskan waktu dalam perjalanan menuju lokasi karena meeting dapat diikuti dari mana pun mereka berada pada saat itu.


Meeting Offline

meeting offline

Di sisi lain, meeting offline atau pertemuan tatap muka masih dianggap lebih praktis dan efisien oleh sebagian orang, terutama bagi peserta yang menghargai interaksi langsung.


Peserta meeting tinggal datang ke lokasi yang telah ditentukan, duduk, dan mengikuti pertemuan tanpa perlu repot menyiapkan peralatan seperti laptop, smartphone, akses internet, dan lainnya.



Keunggulan utama lainnya dari pertemuan tatap muka adalah kemampuan untuk berinteraksi secara langsung. Gestur tubuh, ekspresi wajah, dan tangan menjadi lebih mudah terbaca, membuat meeeting menjadi lebih dinamis dan hidup. Hal ini menjadi kebalikan meeting online yang kadang membuat para peserta tidak fokus karena lingkungan dan kondisi disekitar. Perasaan boring juga sering muncul saat peserta meeting online sering mematikan suara atau kamera mereka, mengurangi interaksi visual dan verbal yang intens.


Kesimpulan: Meeting Online atau Meeting Offline?

Secara keseluruhan, perdebatan antara meeting online maupun offline mengungkapkan keunggulan masing-masing metode. Meeting online memberikan fleksibilitas lokasi dan penghematan biaya, sementara meeting offline dianggap lebih praktis dengan interaksi langsung yang dinamis.


Meskipun meeting online menawarkan kemudahan akses dan efisiensi, meeting offline atau pertemuan tatap muka tetap memiliki daya tariknya dalam menciptakan koneksi personal melalui ekspresi tubuh dan wajah. Pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi dan kebutuhan spesifik setiap individu atau kelompok, mencerminkan dinamika perubahan dalam cara kita berkomunikasi dan bekerja.


Sebagai solusi yang menggabungkan fleksibilitas meeting online dengan kepraktisan pertemuan tatap muka, Multimo memperkenalkan produk meja IBM praktis. Meja IBM Multimo dirancang untuk memenuhi kebutuhan meeting di era digital saat ini, dan mudah disesuaikan baik untuk penggunaan meeting online maupun offline.


meja ibm untuk meeting

883 tampilan

Comments


bottom of page