top of page

Bulat atau Persegi: Sesuai Bentuk Meja dengan Bisnis Anda


meja bulat dan kotak untuk cafe atau restoran

Salah satu komponen yang sangat penting dalam kafe dan coffee shop adalah pemilihan furnitur. Terkadang, tata letak atau susunan furnitur dapat menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang dan menikmati menu yang ditawarkan.


Namun, hal ini tidak berarti bahwa ketika sebuah kafe atau restoran telah memiliki menu terbaik, mereka tidak lagi perlu memperhatikan tampilan ruangan. Kedua aspek tersebut setidaknya perlu dipertimbangkan, terutama ketika masih dalam proses perencanaan.


Terdapat dua bentuk utama untuk meja kafe atau coffee shop, yaitu bulat dan persegi. Meja bulat biasanya dapat menampung tiga atau empat orang tergantung pada ukurannya, sedangkan meja persegi dapat menampung dua atau empat orang.



Jadi, mana yang menjadi pilihan yang tepat? Sebenarnya, ada keunggulan masing-masing bentuk meja. Pemilihan antara meja bulat atau meja persegi untuk sebuah kafe atau restoran dapat melibatkan berbagai pertimbangan. Setiap bentuk memiliki keunggulan dan pertimbangan yang unik, baik terkait dengan desain interior, fungsionalitas, maupun pengalaman pelanggan.


Penataan Ruangan

Meja berbentuk kotak lebih mudah untuk ditata dalam ruangan karena dapat disusun secara lebih efisien. Meja persegi lebih efisien dalam menggunakan ruang karena dapat didorong ke dinding atau ditempatkan dengan rapi di sudut. Meja persegi dapat digabungkan agar dapat menampung kelompok besar, dan menciptakan susunan makanan yang lebih lancar dan kompak. Karena bentuknya yang persegi, meja memungkinkan untuk ditata lebih teratur.


Diperlukan upaya tambahan untuk menyusun meja bundar agar terlihat lebih teratur. Meja bundar juga tidak dapat ditempatkan secara langsung di dinding atau sudut ruangan seperti meja persegi. Meskipun demikian, keunggulan meja bulat terletak pada efisiensinya dalam penggunaan ruangan yang terbatas. Ini disebabkan meja bundar tidak memiliki sudut yang dapat membatasi gerakan.


Konsep Desain Interior

Meja persegi memiliki penampilan modern dan minimalis yang ideal untuk coffee shop atau kafe. Cocok untuk digunakan pada tempat yang menawarkan minuman sebagai menu utama dan camilan ringan. Meja persegi menawarkan tempat lebih nyaman bagi pengunjung yang datang sendiri, maupun dengan banyak orang atau rombongan.


Di sisi lain, meja bulat memberikan sentuhan elegan dan mewah di kafe atau coffee shop. Penggunaan meja bundar juga menciptakan atmosfer yang lebih intim bagi pengunjung karena tanpa sudut yang menghalangi, mereka dapat mengatur kursi dengan lebih bebas, mendekat satu sama lain tanpa kendala. Meja bundar sering dipilih untuk barisan depan panggung, tempat biasanya diadakan pertunjukan musik atau acara lainnya. Hal ini memungkinkan pengunjung dapat dengan mudah menyesuaikan posisi duduk mereka agar fokus pada panggung.



Kesimpulan

Pada akhirnya, penentuan antara menggunakan meja bulat atau meja persegi bergantung pada sejumlah faktor di atas. Seperti ketersediaan ruang, konsep desain interior, demografi dari pelanggan yang menjadi target, serta jenis pengalaman makan yang ingin disajikan di tempat usaha tersebut.


Beberapa kafe dan coffee shop, bahkan memilih untuk mengombinasikan kedua jenis bentuk meja untuk menciptakan variasi dalam tata letak tempat duduk yang sesuai dengan preferensi yang berbeda dari pelanggan.


Selain itu faktor-faktor seperti ukuran meja, kualitas bahan yang digunakan, serta kenyamanan tempat duduk juga menjadi pertimbangan penting dalam membentuk lingkungan makan yang ramah dan menyenangkan bagi pengunjung.


Multimo menggunakan pilihan bahan terbaik untuk investasi bisnis Anda, dengan konstruksi desain yang memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Klik link di bawah ini untuk melihat berbagai produk meja dan kursi kafe, coffee shop, atau restoran untuk bisnis Anda.



124 tampilan

Comments


bottom of page