top of page

Tips Memilih dan Merawat Furniture Cafe dan Restoran

tips memilih furniture cafe dan restoran

Cafe dan restoran tidak hanya dikenal karena makanan dan minuman berkualitas, tetapi juga karena suasana yang nyaman dan estetika interior yang menarik. Seiring dengan persaingan yang semakin ketat dalam industri kuliner, pemilik cafe dan restoran perlu memahami bahwa elemen furniture seperti meja dan kursi memiliki peran penting untuk menarik pengunjung.


Tips Memilih Furniture Cafe dan Restoran

Dalam mendirikan tempat usaha cafe dan restoran, Memilih furniture yang tepat tidak hanya akan menarik perhatian pengunjung, tetapi juga dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Berikut adalah beberapa tips untuk dipertimbangkan ketika memilih furniture untuk cafe dan restoran:


Konsep Desain Ruangan

meja kursi stainless cafe

Pertama-tama, pertimbangkan tema dan gaya yang ingin dihadirkan dalam ruangan. Langkah selanjutnya adalah memperhatikan pemilihan warna dan tekstur. Warna dinding dan furnitur harus sejalan dengan konsep yang diusung agar menciptakan keseimbangan visual yang harmonis. Sebagai contoh, jika Anda mengusung konsep cafe dan restoran modern minimalis, pilih palet warna netral seperti putih atau abu-abu, atau silver untuk memberikan kesan bersih dan elegan. Pemilihan meja dan kursi stainless cocok digunakan untuk ruangan dengan konsep cafe atau restoran modern minimalis.



meja kursi cafe indoor

Sementara untuk konsep desain cozy dan natural, pilih warna-warna hangat seperti coklat, krem, atau hijau yang akan menciptakan atmosfer yang nyaman dan ramah. Pertimbangkan penggunaan tekstur kayu atau batu alam pada dinding atau lantai untuk menambah dimensi visual dalam ruangan. Pemilihan tekstur yang sesuai dengan tema akan memberikan sentuhan akhir yang sempurna pada desain interior Anda. Lengkapi dengan kursi dan meja HPL bermotif kayu untuk mendapatkan karakteristik yang diinginkan.



Kekuatan dan Ketahanan Furniture

meja kursi stainless outdoor

Dalam memilih furnitur untuk restoran dan kafe, keawetan dan kemudahan perawatan menjadi prioritas utama. Terlebih karena pemakaian sehari-hari dari pengunjung yang menuntut meja dan kursi mampu menahan penggunaan berat secara terus menerus. Kursi dan meja dengan finishing powder coating atau stainless telah terbukti menjadi opsi yang sangat baik dalam memastikan daya tahan dan kemudahan perawatan.


Kedua material ini tidak hanya dapat mengatasi kondisi lingkungan yang keras, tetapi juga dapat dengan mudah dibersihkan, menjadikannya solusi yang praktis dan efisien untuk menjaga tampilan dan fungsionalitas furnitur dalam jangka waktu panjang. Dengan demikian, investasi dalam furnitur yang tahan lama dan mudah perawatannya bukan hanya menciptakan lingkungan yang estetis namun juga mengoptimalkan efisiensi operasional dalam industri restoran dan kafe.


Ukuran Furnitur Cafe dan Restoran

ukuran tinggi meja kursi makan cafe

Pastikan meja dan kursi memiliki ukuran ideal untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan fungsional bagi para pengunjung. Meja cafe atau restoran idealnya memiliki tinggi sekitar 75-80 sentimeter untuk memberikan keseimbangan antara kenyamanan duduk dan kemudahan dalam mengakses makanan dan minuman. Sementara itu, kursi sebaiknya memiliki tinggi sekitar 45-50 sentimeter agar dapat memberikan dukungan yang cukup bagi pengunjung.



Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan ruang antar meja dan kursi agar menciptakan suasana yang terbuka dan tidak terlalu padat. Dengan memperhatikan ukuran yang tepat, kafe dapat menciptakan atmosfer yang menyenangkan dan ramah bagi pelanggan.


Tips Merawat Furniture Cafe dan Restoran

Setelah memilih meja kursi furniture yang sesuai dengan selera dan kebutuhan, perawatan yang tepat sangat penting untuk memastikan tampilan dan fungsionalitasnya tetap optimal. Furniture yang terawat dengan baik akan memberikan kesan positif pada pelanggan dan dapat menghemat biaya penggantian yang tidak perlu. Berikut adalah beberapa tips perawatan untuk furnitur café dan restoran.


Pembersihan Secara Rutin

Melakukan membersihan secara berkala dan rutin pada seluruh furnitur merupakan kebiasaan yang sangat penting untuk menjaga penampilan dan memperpanjang umur furniture. Dengan melakukan perawatan yang teratur, Anda dapat memastikan bahwa furniture tetap terjaga kualitasnya, tidak mudah rusak akibat, atau ada noda membekas karena kotoran atau debu yang menumpuk. Selain jadwal rutin, sebaiknya proses membersihkan dilakukan setiap pelanggan meninggalkan meja dan kursi. Hal ini agar kotoran yang tidak sengaja tumpah atau cipratan lainnya tidak meninggalkan noda.


membersihkan kursi cafe

Saat sedang membersihkan, disarankan untuk menggunakan kain lembut berbahan microfiber agar tidak merusak permukaan furnitur. Inilah mengapa disarankan untuk menggunakan furniture berbahan stainless, atau dengan finishing powder coating dan HPL. Furniture dengan tipe tersebut mudah dibersihkan hanya dengan menggunakan air sabun saja. Hindari penggunaan bahan abrasif yang dapat merusak lapisan pelindung furnitur, sehingga warna dan tekstur furnitur dapat tetap terjaga.


Membersihkan furniture bukan hanya sekadar tugas rutin, tetapi juga merupakan investasi dalam mempertahankan keindahan dan fungsi furniture agar tetap maksimal. Perawatan yang tepat akan membuat furnitur selalu tampak baru dan nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.


Berikan Perawatan Ekstra untuk Furniture Outdoor

Jika cafe atau restoran memiliki ruang terbuka, pastikan untuk hanya menggunakan furniture dengan bahan full stainless. Bahan stainless pada furniture membuat meja dan kursi lebih awet dan tahan saat terkena air hujan, debu, atau noda lain. Meski demikian, pencegahan dan perawatan ekstra masih diperlukan untuk mendapatkan umur pemakaian maksimal.



Karena letaknya yang berada diluar ruangan, maka meja dan kursi lebih mudah terkena debu atau kotoran lain yang terbawa oleh angin. Untuk itu penjadwalan untuk membersihkan sebaiknya dilakukan lebih sering dan rutin dari pada furniture yang berada di dalam ruangan. Pastikan setiap cipratan air, makanan, atau kotoan lainnya segera dibersihkan agar noda tidak meresap dan semakin sulit untuk dibersihkan nantinya.


Pastikan Furniture Selalu dalam Keadaan Kering

Setelah dibersihkan, bekas air atau sabun yang masih menempel di meja dan kursi harus segera dikeringkan dengan kain microfiber. Ini karena bekas air dapat menangkap kotoran atau debu di dalamnya, dan jika terlalu lama dibiarkan akan meninggalkan bekas noda yang sulit menghilang.


Kesimpulan

Multimo menyediakan furniture meja dan kursi untuk kebutuhan Cafe, Coffee Shop, Food Court, atau Restoran. Kami berkomitmen untuk memberikan solusi furniture yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Multimo memiliki meja Florida dan bangku Austin dengan finishing powder coating dan HPL untuk sentuhan elegan dalam ruangan.


Untuk kebutuhan luar ruangan, meja Corina, kursi Codiva, serta bangku Cozy dengan bahan full stainless dirancang untuk memberikan keindahan dan ketahanan untuk penggunaan dengan kondisi lebih berat. Keberagaman produk Multimo memastikan bahwa setiap pelanggan dapat menemukan furnitur yang sesuai dengan gaya dan lingkungan bisnis mereka.


Percayakan kebutuhan meja dan kursi cafe maupun restoran pada Multimo untuk menciptakan ruangan yang nyaman, fungsional, dan estetis bagi bisnis kuliner Anda.

produk furniture cafe dan restoran

116 tampilan

댓글


bottom of page